Selasa, 14 Oktober 2014

Perangkat Keras

Bagian perangkat keras beserta fungsinya



1. RAM

RAM (random access memory) adalah memori eksternal yang merupakan ruang untuk menyimpan program dan data yang dapat ditulis dan dibaca oleh prosesor. RAM juga menentukan kecepatan proses computer dalam mengolah data disamping kecepatan CPU. Semakin tinggi kecepatan memoriRAM semakin cepat dan canggih computer yang digunakan. Kecepatan memori RAM dinyatakan dengan satuan megabyte dan gigabyte.

2. CPU


Central Processing Unit; (CPU), yaitu perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. CPU  merupakan komponen terpenting  dari  sistem  komputer. Tanpa CPU komputer tidak akan berfungsi dengan semestinya. Fungsi CPU itu sendiri adalah menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara  mengambil  instruksi  – instruksi, menguji  instruksi  tersebut  dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.

3. Heat Sink

Heatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumunium atau tembaga yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor. Komponennya terbuat dari alumunium yang dipadukan dengan pemakaian fan pada heatsink untuk mengoptimalkan penyerapan panas yaitu dengan mengalirkan panas dari heatsink ke luar CPU. 

4. Motherboard

Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA). Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.

5. NIC dan wireless NIC

NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.
Fungsi NIC
  • Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan
  • Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
  • Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer
6. Vidio Adapter



Merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer saat ini, telah didesain
Komponen hardware video adaptor dengan memiliki prosesor sendiri yang disebut GPU (graphic processor unit) atau chipset dan memori internal sehiingga beban kinerja prosesor utama menjadi lebih berkurang.
Fungsi
  • Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar/monitor
  • Memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik.
  • Dapat mempercepat semua kinerja software operation system (Windows)
7. Hard Disk Drive

Harddisk merupakan salah satu perangkat keras yang terdapat pada perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data dan termasuk dalam memory external dalam sebuah komputer.

8. Optical Drive

Optical Drive merupakan bagian terintegrasi dalam kebanyakan produk konsumen, seperti CD PLayer, DVD PLayer, maupun DVD Recorder. Optical Drive berfungsi untuk penulisan dan pembacaan data.

9. Floppy Drive





Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.

10. Pata Cable

Pata Cable berfungi menghubungkan drive ke motherboard.

11. Floppy Cable
Berfungsi untuk menghubungkan Floppy disk/disket ke komputer.

12. Sata Cable
Berfungsi untuk menghubungkan media penyimpanan seperti HDD dan DVD rom ke komputer.

13. Monitor Cable

Sebagai media Penghubung VGA card ke Monitor.

14. Keyboard


Keyboard adalah alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer.

15. Mouse

Mouse adalah hardware yang dihubungkan dengan komputer yang fungsinya sebagai penggerak kursor yang memberikan sebuah perintah masukan atau input pada sistem windows.

16. USB Cable
Sebuah kabel serabut yang digunakan untuk menyambungkan perangkat luar ke dalam CPU atau ke dalam komputer.

17. Ethernet Cable
Teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN).

18. Power Cord

Sebagai media penghubung antara Power Supply dan sumber listrik

Cara Memasang Hardware pada perangkat komputer

1. Power Supply

Power Supply dalam komponen elektronika adalah perangkat keras yang berfungsi menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen komputer, seperti hardisk, motherboard, DVD Drive, kipas dan komponen komputer lainnya. Power supply merupakan jantung dari sebuah komputer, karena semua sumber daya listrik dari komponen komputer disupply dari power supply.
Power Supply sendiri berfungsi sebagai pengubah dari tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi tegangan (Direct Current), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply pada umumnya berupa kotak yang diletakan dibagian belakang atas casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.

2. Motherboard

a. Ambil CPU, sesuaikan dengan bentuk CPU dan tempatkan CPU dengan lembut dalam soket.

b. Tempatkan Heat Sink ke soket CPU, lalu kencangkan

c. Pasang  Heat Sink pada Motherboard dengan meletakkan kabel Heat Sink dengan benar.

d. Ambil RAM, sejajarkan RAM dengan slot, lalu tekan ke bawah. Dan kunci RAM pada sisinya. Lakukan hal yang sama pada RAM 2


e. Tempatkan Motherboard pada posisi yang tepat.

3. Adapter Cards


a. Pasang NIC pada motherboard untuk menghubungkan komputer ke jaringan.

b. Kemudian pasang wireless NIC dengan tepat untuk menghubungkan komputer ke komputer lain.

c. Pasang vidio adapter untuk mengirim data ke komputer.


4. Internal Drives

Pindahkan HDD lalu letakkan pada posisi yang tepat. Gunakan sekrup yang tepat untuk membuatnya lebih aman.

5. Drivers In Internal Bays


a. Pisahkan optical drive dan letakkan optical drive pada drive. Lalu kencangkan menggunakan sekrup yang tepat.

b. Pisahkan floppy drive dan letakkan pada drive. Lalu kencangkan menggunakan sekrup yang tepat.


6. Internal Cables



a. Sejajarkan 20-pin ATX kabel power supply ke soket di motherboard dengan lembut dan tekan ke bawah untuk mengamankan sambungan.

b. Sejajarkan 4-pin konektor daya tambahan ke soket daya tambahan pada motherboard dengan lembut dan tekan ke bawah untuk mengamankan sambungan.

c. Tancapkan kabel SATA power supply ke hard drive
d. Tancapkan kabel Molex power supply ke drive optik. 
e. Tancapkan kabel Berg power supply ke floppy drive. 
f. Sejajarkan 3-pin fan dengan lembut dan tekan ke bawah untuk mengamankan. 

g. Luruskan dan pasang kabel SATA ke soket motherboard. Luruskan dan pasang di ujung kabel SATA ke hard drive. 

h. Luruskan dan pasang kabel PATA ke soket motherboard. Luruskan dan pasang di ujung lain kabel data ke optical drive


i. Luruskan dan pasang kabel floppy ke soket motherboard. Luruskan dan pasang di ujung lain kabel data floppy di floppy drive.



7. External Cables


a. Luruskan dan pasang kabel monitor ke port video pada video adapter. Amankan dengan mengencangkan sekrup pada konektor. 


b. Luruskan dan pasang kabel keyboard ke port PS / 2. 

c. Luruskan dan pasang kabel mouse ke port PS / 2. 
d. Luruskan dan pasang kabel USB ke port.
e. Luruskan dan pasang kabel Ethernet ke port. 

f. Luruskan dan pasang kabel power ke port. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar