Rabu, 24 September 2014

About Kalimantan Timur

Kali ini gue akan diskripsikan gimana sih Kalimantan Timur itu? Mungkin diantara lo belum banyak yang tau daerah ini ya. Kalimantan itu menurut gue istimewa. Kenapa istimewa? yup karena Kalimantan punya banyak sumber daya alam yang melimpah mulai dari batu bara, tambang, minyak, dll. Budayanya juga beragam makanan serta ciri khasnya. Gue bakal ceritain satu-satu nih gimana istimewanya Kalimantan Timur.


1. Budaya yang ada di Kalimantan Timur

    Kalau ceritain budaya di negara kita memang ga ada habisnya. Negara kita punya berbagai macam budaya setiap daerah. Contohnya Kalimantan Timur, di Kalimantan Timur terdapat banyak sekali budaya mulai dari suku yang beragam, tarian daerah, agama, dll. Suku asli Kalimantan Timur adalah dayak dan kutai. Kalimantan Timur juga mempunyai beberapa jenis tarian diantaranya tarian bedewa, kencet, gantar kejian dan gong. Kalo lo pengen tau senjata tradisional Kalimantan Timur ada juga nih contohnya aja mandau, sumpit perisai tombak dan masih banyak lagi gua ga hapal haha. Ada juga nih biasaya kalo kita nonton tv tentang rumah adat atau jalan-jalan ke TMII bisa liat tu gimana rumah adat tiap daerah. Kalau Kalimantan Timur nama rumah adatnya Lamin yang artinya "rumah panjang kita semua". Jujur gue belum pernah liat rumah lamin ini yang asli baru replikanya doang. Karena biasanya rumah adat ini adanya di daerah pedalaman Kalimantan Timur yang adat istiadat dan budayanya masih sangat kental.
   Kadang kita juga pernah liat tuh pakaian adat Kalimantan Timur, tau kan yang banyak manik-maniknya. Nah belum pada tau namanya kan. Jadi kalau pakaian adat untuk wanita namanya ta a dan untuk laki-laki namanya sapei sapaq. Biasanya pakaian adat ini digunakan untuk upacara sakral, penyambutan tamu, dan acara daerah.

2. Makanan Khas Kalimantan Timur
 
   Nah kalo yang kedua ini adalah makanan khas dari Kalimantan Timur. Apa aja sih makanan khasnya? Banyak yah ada nasi kuning, lompok durian, amplang, dll. Yang paling terkenal dan yang paling gue suka yaitu amplang. Amplang ini adalah kerupuk yang diolah dari daging ikan. Umumnya ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri. Bentuk amplang biasanya oval kayak gini ni




Rasa amplang sangat gurih cocok untuk dimakan diwaktu santai. Kalo lo jalan-jalan ke Kalimantan Timur pasti dah ketemu nih jajanan dan wajib dicoba.

3. Ciri Khas

    Ciri khas yang ada di Kalimantan Timur contohnya nih ya panas. Kenapa panas? karena daerah Kalimantan Timur dilewati oleh garis khatulistiwa. Yang pastinya suhunya berbeda dengan di daerah lain. Ciri khas lainnya adalah daerah Kalimantan Timur memiliki banyak lahan yang dapat digunakan usaha seperti perkebunan, peternakan dan masih banyak lagi. Kalimantan Timur juga kaya akan sumber daya alam khususnya daerah Balikpapan yang terkenal akan kota minyak.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar